Dampak Ketergantungan Internet

Dampak Negatif Internet – Internet bukanlah hal yang baru di zaman sekarang ini. Setiap hari kemajuan dalam bidang teknologi dan informasi dapat di peroleh dengan mudah dan cepat. Internet merupakan media yang efektif dan cepat dalam membantu para pekerja dan pelajar untuk menjalin komunikasi dan menyelesaikan tugas serta pekerjaan mereka. Jika internet begitu efektif dalam membantu kita, apakah ada kerugian dari internet?.

Dampak negatif atau efek samping selalu ada dalam setiap kemajuan teknologi. Salah satu dampak negatif Internet adalah dengan sulit dikendalikannya akses-skses terhadap konten-konten yang seronok. Konten-konten tersebut tidaklah terlalu memberikan dampak negatif bagi orang dewasa. Namun celakanya, konten ini justru seringkali menjadi tontonan yang ‘seru’ bagi anak remaja dan juga anak-anak. Kekurangtahuan mereka akan apa yang mereka saksikan seringkali menjerumuskan mereka kepada tindakan-tindakan pelecehan seksual.

Dampak negatif internet berkutnya adalah dengan maraknya games online yang di tawarkan. Pangsa pasar games online ini adalah anak remaja dan juga dewasa. Permainan games online memang memiliki taktik dan cara-cara yang mampu untuk menstimulasi pikiran dan otak. Akan tetapi keinginan yang tak terkendali untuk bermain games-games tersebut akan menghambat remaja dan juga pelajar dalam memenuhi kewajibannya untuk menutut ilmu. Mereka cenderung menjadi malas belajar dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain games online.

Masih ingatkah kita dengan maraknya remaja putra dan putri yang menghilang dengan perantaraan social network seperti facebook. Internet membuka gerbang persahabatan yang luas sehingga para remaja seringkali terbuai dengan bujuk rayu orang tak dikenal. Orang tak di kenal ini seringkali menggunakan identitas yang palsu namun seakan-akan ‘populer’ dan ‘keren’. Penipuan identitas ini yang seringkali berujung kepada penipuan-penipuan yang lainnya. Bagi remaja, menelaah karakter manusia bukanlah hal yang mudah. Pengalaman yang tidak seberapa dapat membujuk mereka untuk melakukan hal-hal yang kurang baik. Dampak negative internet yang satu ini tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan terjadi juga di mancangera.

Kecanggihan dalam bidang internet memunculkan ‘penjelajah teknologi’ yang canggih yang di kenal dengan nama ‘tech savy’. Para ahli ini yang mampu menyabotase sebuah website sehingga berujung kepada penipuan. Banyak sekali website-website yang di sabotase untuk keperluan criminal. Pada umumnya mereka menggunakan website-website untuk menipu pelanggan dengan menyetorkan sejumlah uang atau dengan memperjual-belikan barang-barang ilegal atau cacat. Bagi mereka yang waspada terhadap berbagai macam penipuan , hal-hal yang demikian dapat di hindari namun banyak juga yang terjebak. Dampak negatifinternet yang demikian semakin-lama semakin marak dan bisa menjadi tidak terkendali.

Dampak negatif internet lainnya adalah efektifnya penggunaan internet dalam meyebarkan konten-konten yang sifatnya membuka aib atau tidak bertanggung jawab. Dampak ini seringkali di alami oleh kaum selebritis. Banyak sekali hal-hal yang mengejutkan yang dapat di peroleh dariinternet yang kemudian hari dapat menjadi headlines di surat kabar. Akan tetapi seringkali kebenaran dari konten-konten tersebut berujung kepada ketidakjelasan.