Pengertian Hukum

Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaannya dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat. Hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah.

Apabila di suatu Negara tidak mempunyai atau tidak menjalankan aturan hukum. Maka suatu negara itu akan hancur atau negara tersebut akan runtuh. Hukum sangat penting, Tegaknya supremasi hukum itu sangat tergantung pada kejujuran para penegak hukum itu sendiri yang dalam menegakkan hukum diharapkan benar-benar dapat menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, dan kejujuran.

Para penegak hukum itu adalah hakim, jaksa, polisi, advokat, dan petugas Lembaga Pemasyarakatan. Jika kelima pilar penegak hukum ini benar-benar menegakkan hukum itu dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang telah disebutkan di atas, maka masyarakat akan menaruh respek yang tinggi terhadap para penegak hukum. Dengan semakin tingginya respek itu, maka masyarakat akan terpacu untuk menaati hukum.

Hukum dibagi dalam beberapa  bidang, yaitu:

  1. Hukum Pidana/Hukum Publik
  2. Hukum Perdata/Hukum Pribadi
  3. Hukum Acara
  4. Hukum Tata Negara
  5. Hukum Administrasi Negara
  6. Hukum Internasional

Dan masih banyak lagi bidang-bidang hukum.  Akan lebih baik atau lebih layak jika hukum itu  memeliki larangan atau aturan yang tegas untuk dijalankan dan di taati oleh setiap orang.