Drs. H. Mohammad Hatta (populer sebagai Bung Hatta, lahir di Fort de Kock, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta lahir dari keluarga ulama Minangkabau, Sumatera Barat. Ia menempuh pendidikan dasar di Sekolah Melayu, Bukittinggi, dan pada tahun 1913-1916 melanjutkan studinya ke Europeesche Lagere School (ELS) di Padang. Pada tahun 1919 ia pergi ke Batavia untuk studi di Sekolah Tinggi Dagang “Prins Hendrik School”. Ia menyelesaikan studinya dengan hasil sangat baik, dan pada tahun 1921, Bung Hatta pergi ke Rotterdam, Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool.

Beliau merupakan Wakil Presiden Indonesia pertama mendampingi Bapak Ir.Soekarno. Beliau adalah sosok yang sangat dekat dengan rakyatnya. Beliau adalah seorang aktivis yang memberikan ceramah-ceramah atau pelajaran di lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Beliau memberi ilmu kepada semua orang tentang, apa yang dimaksud dengan Koperasi itu, apa untungnya Koperasi itu, dan segala yang berhubungan dengan Kegiatan Koperasi itu sendiri. Beliau juga suka menulis berbagai Karangan tentang Ekonomi dan Koperasi.

Samapai akhirnya Beliau mengeluarkan hasil karya fikirannya yang di buat dalam bentuk  buku, dengan Judul  Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun yang dibuat sekitar tahun 1971.  Pada tanggal 12 Juli 1951, Beliau berpidato tentang Koperasi di Radio-Radio untuk menyambut Hari Koperasi. Samapai akhirnya beliau pun diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia pada tanggal 17 Juli 1953.

Begitu hebatnya sosok  Drs. H. Mohammad Hatta atau biasa kita panggil dengan sebutan Bung Hatta. Sosok yang dapat menginspirasikan atau menjadi panutan bagi kita. Untuk selalu berfikiran Luas.