BAB  VIII.

LAPANGAN USAHA

Pasal 43

 

(1)  Usaha Koperasi adalah usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraan anggota.

(2)  Kelebihan kemampuan pelayanan Koperasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bukan anggota Koperasi.

(3)  Koperasi menjalankan kegiatan usaha dan berperan utama di segala bidang kehidupan ekonomi rakyat.

 

Pasal 44

 

(1)  Koperasi dapat menghimpun dana dan menyalurkannya melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari dan untuk :

a.     anggota Koperasi yang bersangkutan;

b.     Koperasi lain dan/atau anggotanya.

(2)  Kegiatan usaha simpan pinjam dapat dilaksanakan sebagai salah satu atau satu-satunya kegiatan usaha Koperasi.

(3)  Pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam oleh Koperasi diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

 

Disini saya akan membahas tentang Undang-Undang Koperasi Bab VIII yang mengenai tentang Lapangan Usaha dimana terdapat 2 pasal yaitu Pasal 43 dan 44.

“Koperasi menjalankan kegiatan usaha dan berperan utama di segala bidang kehidupan ekonomi rakyat.” Kalimat ini terdapat pada pasal 43 ayat 3. Menurut saya, sekarang sudah banyak orang yang tidak meminjam modal atau menyimpan uang nya di koperasi lagi. Mereka sudah lebih memilih bank-bank swasta untuk simpan pinjam. Sekarang  sudah tidak banyak lagi Koperasi yang masih aktif. Padahal koperasi merupakan salah satu alat dalam perluasan lapangan kerja. Dimana koperasi selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraannya untuk para anggotanya khususnya dan bagi masyarakat umumnya. Tapi karena perkembangan zaman maka koperasi sudah mulai berkurang, padahal jika dikembangkan koperasi merupakan suatu kegiatan ekonomi yang sangat baik..