Barang Susupan dari China..

Serbuan barang China ke Indonesia sulit terbendung saat ini. Ternyata barang-barang China tak hanya masuk dari negara tirai bambu tersebut, melainkan juga dari Australia dan Malaysia.

Demikian disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady dalam acara Polemik bertajuk ‘Banjir Produk China Makin Gila’ yang diadakan di rumah makan di kawasan Ckini, Jakarta, Sabtu (23/4/2011).

“Sekarang (produk) China tidak harus masuk dari China, masuknya ada dari Australia ada dari Malaysia,” ujar Edy.

Karena itu, lanjut Edy, Indonesia harusnya dilindungi dari barang-barang yang datang dari luar secara ilegal. Jangan sampai banyak produk dari China yang datang dari negara kedua membanjiri pasar Indonesia.

“Jadi kita kuatkan pertahanan dari semuanya, negara ini kita perkuat pertahanannya,” ujar Edy.

Dikatakan Edy, pemerintah siap untuk menjaga agar barang-barang selundupan atau ilegal dari China tak membanjiri pasar lokal. Namun bukan hanya barang dari China saja, barang-barang ilegal dari negara lain juga bakal dihadang.

“Salah satu menangkal barang yang ilegal bukan hanya dengan China, artinya itu harus dilindungi,” kata Edy.

Edy menjelaskan, akan melakukan seleksi untuk importir yang mau memasukan barang dari luar ke Indonesia. Apabila masih terjadi kebocoran di pelabuhan, pemerintah akan melakukan sweeping kepada barang-barang ilegal tersebut.

“Pelaku impornya diseleksi, kalau masih bocor di pelabuhan kita punya paspor sweeping. Kita harus menggelar sweeping,” tukasnya.

*sumber;Detik.com