Slovakia Negara yg Dituju Indonesia.

Indonesia membidik Slovakia menjadi akses ekspor ke Uni Eropa. Bila Ekspor dilakukan melalui negeri yang berada di Eropa bagian tengah itu, kita dapat menekan biaya logistik. Demikian diungkapakan Duta Besar Indonesia untuk republik Slovakia Harsha E Joesoef di Jakarta kemarin. Selama ini, ekspor Indonesia ke negara-negara Eropa masih mengahadapi kendala keterbatasan akses dan standar kualitas produk yang ketat. namun, persoalan itu dapat ditekan dengan meningkatkan hubungan dengan Indonesia-Slovakia. Bila dilakukan, hal tersebut diyakini bisa menciptakan efisiensi ekspor indonesia ke 27 negara di kawasan Eropa.

Harsha mengungkapkan pengiriman barang dari Indonesia ke ibu kota Slovakia, bratisalva, dengan angkutan laut akan lebih cepat 8 hari jika dibandingkam dengan melalui Pelabuhan Rotterdam di Belanda. Karena itu, imbuhnya, pemerintah tengah berupaya agar ekspor potensial seperti minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dan produk turunanya bisa masuk Uni Eropa. “Tentunya harus dibarengi standar kualitas maupun standar produksi berkesinambungan yang harus dipenuhi produk CPO kita,”ujarnya.

Sejauh ini, surplus pedagang bilateral kedua negara masih ada di pihak Indonesia. Menurut data Kementerian Ekonomi Slovakia, hingga Agustus 2010 nilai perdagangan kedua Negara mencapai 87,3 juta euro, sedangkan ekspor Slovakia hanya 7,3 juta euro. Adapun Produk Indonesia yang diminati masyarakat pecahan Cekoslovakia itu adalah makanan olahan, alas kaki, kerajinan tangan, furnitur, garmen dan pakaian olahraga. Sebaliknya, impor dari Slovakia antara lain mesin pertanian, peralatan militer, dan bhan-bahan kimia dan farmasi.

Sementara itu Duta Besar Slovakia untuk Indonesia Stefan Rozkopal mengatakan pihaknya akan berpegang teguh pada aturan standar baku untuk setiap produk impor yang masuk kenegaranya. “Bila sebuah produk bisa memenuhi standar Slovakia, artinya bisa diterima 300 juta populasi di Uni Eropa,” ujarnya.

 

 

*sumber ; Media Indonesia