CABUT RAMBUT PUTIH BAHAYA..

Makin tua? Rambut putih tandanya. Belakangan, banyak anak muda yang rambutnya udah memutih. Mesti nggak semuanya, tetap aja jatuhnya bakal bikin sebel. Nggak usah heran, kalo ngeliat anak muda rambutnya udah beruban terus berubah jadi hitam kembali, bisa jadi habis di cat rambut. Emang sih, dari pada dicabut, mending dicat. Karna katanya nih, kalo nyabut uban bakal nambah lebih banyak  nantinya. Bener nggak sih?

Begini menurut informasi, rambut punya akar yang berstrukturdisebut folikel rambut. Folikel ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin. Pigmen ini mempunyai fungsi untuk menjaga warna rambut. Cuma, lama kelamaan sel-sel pigmen dalam folikel rambut bakaln berkurang. Akibatnya, rambut pun nggak banyak bermelamin lagi. Proses ini lah yang akhirnya ngerubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih.

Kalo udah warna putih seperti atau uban, kalo bisa sih jangan dicabut. Dirawat aja palingan yah.soalnya kalo rambut uban di cabut malah bisa ngerusak folikel, saraf dan juga akar rambut. Nah, kalo akar rambut dah sampe rusak, bisa memicu infeksi dan ada benernya nih bakalan numbuh uban yang lebih banyak lagi. Sementara, rambut pun makin menipis.

Sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang bisa ngurangin rambut beruban. Baik itu secara herbal maupun mengkonsumsi suplemen. Yang ada perawatan biar rambutnya tetap sehat dan keliatan ok. Konon, setiap orang akan mengalami masa rambut beruban. Cuma waktu genetisnya aja yang beda. Tapi kalo pemilik rambut itu perokok, punya penyakit anemia, gangguan metabolisme sampe menopause dini, bisa jadi munculnya uban lebih cepat.

Tapi se-enggaknya bisa kita perlambat ko, datang uban. Caranya dengan pola makan yang sehat. Asupan makan harus banyak mengandung mineral (zat besi, natrium, vitamin B), sayur-sayuran dan buah-buahan.  Terus biasain memijat rambut dengan minyak kelapa. Dengan begitu, gak Cuma rambut jadi panjang, tapi juga hitam dan kuat. Terakhir, kalo mau ngewarnain rambut  pake pewarna rambut henna. Soalnya henna pewarna rambut alamibuat rambut beruban. Nah, kira-kira kamu udah beruban belum?

*sumber; ry@n/ detikhealth.com