RAHASIA PETIR

Satu kilatan petir adalah cahaya terang yang terbetuk selama pelepasa listrik di atmosfer saat huja badai. Petir dapat terjadi ketika tegangan listrik pada dua tituk terpisah di atmosfer, masih dalam satu awan, atau antara dua permukaan tanah mencapai tingkat tinggi.

Kilat petir terjadi dalam bentuk setidaknya dua sambaran. Pada sambaran pertama bermuatan negative mengalir dari awan kepermukaan tanah. Ini bukanlah kilatan yang sangat terang. Sejumlah kilat percabangan biasanya terlihat menyebar keluar dari jalur kilat utama. Ketika sambaran pertama in i mencapai permukaan tanh, sebuah muatan berlawanan terbentuk  dari titik yang akan disambarnya dan arus kilat dua yang bermuatan positif terbentuk dati dalam jalur kilat utama langsung menuju awan.

Dua kilat tersebut biasanya beradu sekitar 50 meter diatas permukaan tanah. Arus pendek terbentuk  di titik pertemuan antara  awan  dan permukaan tanah tersebut. Hasilnya sebuah arus listrik yang sangat kuat dan terang mengalir dari dalam jalur kilat utama itu menuju awan. Perbedaan tegangan pada aliran listrik antara awan dan permukaan tanah melebihi beberapa juta volt.

Energi yasng dilepaskan oleh salah satu sambaran lebih besar dari pada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit listrik di Amerika . Suhu pada jalur dimana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat celcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat celcius. Panas yang dihasilkan dari sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa ini berati bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsure yang ad di muka bumi  .

Perbandingan lainnya suhu permukaan matahari tinggi 700.000 derajat celcius. Dengan kata lain suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan petir lebih terang dari pada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Sebagai pembanding, satu kilatan petir menyinari sekelilingnya secara lebih terang dibandingkan ketika lampu pijar dinyalakan di setiap rumah di Istambul.