1.Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran?

a.          Konsep Pengeluaran

Konsep Pengeluaran adalah berasaskan kepercayaan bahawa pengguna lebih berminat membeli produk yang berharga murah serta mudah diperolehi. Oleh itu, industri akan memberi tumpuan kepada kecekapan pengeluaran produk dalam jumlah yang tinggi, menggunakan kos sumber yang rendah, menawarkan harga jualan yang murah dan mengadakan liputan pengedaran yang luas.

b. Konsep Produk

Konsep Produk adalah berasaskan kepada prinsip bahawa pengguna akan menghargai dan lebih mengutamakan produk yang menawarkan quality, prestasi dan ciri-ciri inovatif yang terbaik.  Untuk itu, industri akan memberi lebih kepada mereka menciptakan produk yang berprestige – mempunyai attribute dan value yang terbaik dalam kelasnya yang tersendiri –  serta menyempurnakan pengeluarannya walaupun dengan coch yang tinggi.

c.          Konsep Penjualan

Konsep Penjualan  berorientasikan menjual produk melalui kaidah pemasaran yang lebih efektif.  Industri yang memilih konsep ini percaya bahawa pengguna mempunyai minat yang rendah untuk membeli produknya serta tidak akan membeli produk dengan mencukupi sebagaimana diharapkan sekiranya tidak didorong.

d.           Konsep Pemasaran

Konsep ini berorientasikan memenuhi keperluan dan kemauan pengguna dengan efektif, sedangkan tiga konsep sebelumnya berorientasikan kepentingan industri untuk menjual produk.

Berikut 4 contoh yang merupakan prinsip utama yang menjadi dasar konsep pemasaran ini, yaitu:

  • Pasar sasaran – memiilih pasar sasaran yang tepat dan membentuk aktivity pemasaran dengan sempurna.
  • Keperluan pengguna memahami kehendak dari pengguna dan memenuhinya dengan lebih efektif.
  • Pemasaran berintegrasi – kesemua fungsi / sub-unit industri bekerjasama memenuhi tanggungjawab pemasaran.
  • Keuntungan – mencapai keuntungan melalui kepuasan pelanggan.

e.          Konsep Kesejahteraan

Konsep Kesejahteraan adalah penambahan pemasaran dengan unsur-unsur  kepekaan industri terhadap kesejahteraan pengguna serta masyarakat keseluruhan. Dan berazaskan prinsip bahwa industri mempunyai tanggung jawab sosial yang perlu dipenuhi dalam kegiatan mencapai objektifnya.

2.Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran?

Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan barang atau jasa.

Pemasaran adalah kegiatan memasar untuk menjalankan bisnis (profit) atau (non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa menetapkan harga,mendistribusikan,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuasakan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

3.Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasrkan konsep inti pemasaran?

Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar  tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk.

4.Jelaskan apa yang dimaksud Marketing Mix?

Marketing Mix adalah suatu bentuk market yang digunakan untuk menekan biaya dalam objektivitas mencapai targer pasar secara efisien.

 

sumber*google.com & berbagai sumber