1.Jelaskan dengan singkat ada berapa macam sifat produksi yang saudara ketahui? (Maks 4)?

Berdasarkan sifat dan tingkat konsumsinya, di mana barang dapat dikategorikan/digolongkan menjadi.

A.Barang tidak tahan lama (non durable goods)
Ialah barang berwujud yang secara normal dapat dikomsumir sekali atau beberapa kali contoh: daging, sabun, mengingat barang-barang ini dikonsumsi dengan cepat dan sering dibeli, maka barang tersebut tersedia diberbagai tempat, menguasai margin yang lebih kecil dan memupuk kesetiaan pada satu merek.

B.Barang tahan lama (Durable goods)
Ialah barang berwujud yang biasanya secara normal dapat bertahan dalam pemakaian berulang kali. Contoh: lemari es, pakaian dan sebagainya.
Barang tahan lama memerlukan penjualan dan pelayanan yang lebih pribadi, menguasai margin yang lebih tinggi dan memerlukan jaminan-jaminan yang lebih besar dari penjual.

C.Barang yang bersifat Adjustable
Adalah barang yang menyesuaikan dengan mengikuti perubahan iklim, dan barang semacam ini akan dirasakan manfaatnya jika terjadi perubahan musim.

D.Barang yang bersifat praktis
Adalah barang yang penggunaannya tidak rumit dan berkesan santai, manfaat yang dirasakan konsumen adalah kemudahan dalam pemakaiannya dan rasa santai dan biasanya digunakan dalam kegiatan keseharian di luar dinas misalnya memakai T Shirt, sandal atau jaket.

2.Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi?

Secara umum Produksi adalah suatu upaya atau kegiatan untuk menambajh nilai atau jumlah pada suatu barang.

Secara ekonomi produksi adalah kegiatan menambah nilai suatu barang yang ditujukan kepada upay-upaya pengaturan yang sifatnya dapt menambah atau menciptakan utility dari suatu atau mungkin juga jasa.

3.Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama? Sebutkan dan Jelaskan!

A.Perencanaan; kegiatan penetapan pengorganisasiaan dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu dan periode tertentu.

B.Pengendalian atau Pengawasan; untuk menjamin terlaksananya kegiatan yang sesuai rencana, sehingga maksud tujuan dan penggunaan serta pengolahan masukan dapat dijalankan secara optimal.

C.Sistem produksi dan operasi; suatu hubungan atau unsur-unsur yang berbeda secara terpadu, menyatu, dan menyeluruh dalam mensosialisasi pemasukan dan pengeluaran dalam suatu perusahaan.

D.Kapasitas; untuk menentukan besarnya kapasitas  yang tepat dan penyediaan waktu yang tepat dengan kapsitas yang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun.

E.Proses; keputusan dalam menentukan proses fisik atau fasilitas yang dipakai untuk  memproduksi barang atau jasa. Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi, arus proses, tata letak (layout) peralatan, dan keseluruhan fisik pabrik, atau fasilitas jasa pelayanan.

 

sumber*google.com & Leave Coment